Minggu, 24 Juni 2018

Menghakimi orang lain


Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui ?Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah aku mengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.
( Matius 7:3-4 )

Kelemahan setiap manusia adalah lebih mudah melihat kesalahan sesama daripada melihat kesalahan sendiri, bahkan dengan lebih mudah menghakimi sesamanya daripada menghakimi pada diri sendiri. Kebiasaan yang buruk adalah dengan selalu melihat hal yang negatif dari sesama, seperti diri sendiri yang paling benar diantara sesamanya. Hal ini disebabkan, oleh karena kesombongan dan tinggi hati, karena merasa derajat dirinya lebih tinggi dibandingkan dengan sesamanya. Dalam Injil hari ini, Tuhan Yesus memperingatkan agar kita tidak menghakimi dan melihat kesalahan sesama seperti keinginan kita sendiri, karena Dia sendiri juga tidak berhak untuk menghakimi siapapun sendirian, tetapi bersama dengan Bapa-Nya yang ada di dalam sorga. Seperti yang tertulis dalam Injil Dalam Injil hari ini, Yohanes 5:30  Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

Berkat dari Allah Bapa selalu beserta Anda, keluarga Anda dan mereka yang Anda kasihi

renungan oleh : Theo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar