Selasa, 16 Oktober 2018

Terlihat baik dari luar



Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan.
( Lukas 11:38-39 )

Dalam Injil hari ini, Tuhan Yesus mengungkapkan pentingnya menjaga kesucian hati, pikiran dalam perbuatan. Terkadang apa yang kita lihat secara kasat mata belum tentu itu adalah hal yang terjadi sebenarnya. Oleh karena itu, seringkali orang hanya akan menilai dari hal yang kurang baik saja, jika tidak sudah sejalan atau tidak paham dengan cara hidupnya dan hanya akan menerima dan bekerja sama dengan orang-orang yang sudut pandang sejalan dengannya. Pola berpikiran seperti itu yang dikatakan tidak mempunyai pertimbangan matang-matang dengan apa yang seharusnya dilihatnya. Jangan menilai dari apa yang terlihat dari luar, tapi perlu belajar dengan pendekatan, apabila melihat hal-hal yang menurut pandangan kita kurang baik. Agar tidak dengan sesukanya menganggap hal itu tidak baik seperti kehendak kita. Dan jangan juga menampilkan diri sendiri hanya supaya disenangi. Dan orang akan merasa senang, apabila kita menampilkan jati diri yang sesungguhnya bukan yang dibuat-buat hanya untuk mendapat pujian.

Doa ...

Tuhan Yesus ...
Ampunilah aku, kalau selama ini sering kali aku masih dalam kesombongan, bimbing aku dengan Roh Kudus-Mu, agar aku dapat mengikuti perintah-Mu dengan hati yang tulus ...
Amin ...


Berkat dari Allah Bapa selalu menyertai Anda, keluarga Anda dan mereka yang Anda kasihi ...

renungan oleh : Theo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar