Rabu, 15 Agustus 2018

Kewajiban mengampuni


"Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.
( Matius 18:21b-22 )

Memangnya gampang mengampuni kesalahan orang yang telah berbuat kejahatan menyakiti perasaan kita, tidak mudah untuk dilakukan. Yang ada di dalam pikiran kita hanya melakukan pembalasan, agar supaya bisa merasakan apa yang pernah kita rasakan. Sebagai anak-anak Tuhan dan perintah dari Tuhan Yesus, bahwa mengampuni itu bukan sebuah pilihan, tetapi kewajiban. Sesungguhnya disadari atau tidak, kitapun juga sering melukai hati Tuhan, tapi kasih-Nya begitu besar selalu memberikan pengampunan kepada kita. Bahkan sampai memberikan Nyawa dan Darah-Nya yang telah membasuh dan menyucikan kita dari perbuatan dosa. Oleh karena pengampunan yang diberikan dari Tuhan itu memungkinkan kita untuk mengampuni sesama juga. Mengampuni, tetapi masih mengingat kesalahan dan dosa sesama, itu bukan sebuah pengampunan tetapi dendam yang berkepanjangan. Seperti yang tertulis dalam Injil Yohanes 20:23 Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.

Doa ...

Tuhan Yesus ...
Terima kasih, karena Engkau telah mengajar kami arti sebuah pengampunan, berikanlah kami kerendahan diri untuk menabur kasih seperti apa yang menjadi kehendak-Mu terjadi ...
Amin ...

Berkat dari Allah Bapa selalu menyertai Anda, keluarga Anda dan mereka yang Anda kasihi ...

renungan oleh : Theo


Tidak ada komentar:

Posting Komentar