Rabu, 12 Agustus 2020

Perihal Mengampuni


Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.

Matius 18 : 21-22

Hal yang sangat diucapkan, tetapi juga sulit dilakukan adalah mengampuni, apalagi ada perasaan benci, hati yang terluka dan dendam yang akan menjadi penghalang untuk mengampuni. Untuk itu, lewat Injil hari ini kita dipanggil untuk tidak melihat kesalahan sesama, tetapi juga terlebih kesalahan diri sendiri. Jika suatu saat kita sendiri yang melakukan kesalahan, apakah yang diinginkan dan dirasakan pada diri sendiri ? Apakah kita juga tidak bisa mengampuni diri sendiri juga ? Dan Tuhan-pun sering menguji iman dan hati, berapakah ketulusan hati kepada sesama, apabila menghendaki kesalahan kita diampuni dan kitapun juga harus melakukan hal yang sama dengan hati yang penuh pengampunan dan hati yang sudah mengalami cinta kasih dari Tuhan. Memang sulit untuk menjalankan perintah-Nya, ketika masih memiliki ego yang tinggi dengan jari telunjuk selalu menunjuk orang lain, bukan pada diri sendiri. Dan marilah kita selalu berpikir hal yang positif, maka apapun yang dilakukan juga akan berdampak hal yang positif juga. Apakah hari ini saya sudah mengampuni kesalahan sesamaku dan ikhlaskah melakukannya ? Dan sesungguhnya kehidupan ini siapapun tidak pernah tidak luput dari dosa dan kesalahan termasuk saya dan Anda ...


Doa ...

Tuhan Yesus ...

Ampunilah aku, kesombonganku sering lalai menjalankan perintah-Mu. Berikanlah aku kerendahan hati, supaya bisa menyadari setiap kesalahan yang telah melukai hati sesamaku dan terlebih di hati-Mu yang penuh belas kasih ...

Amin ...


Berkat dari Allah Bapa selalu menyertai Anda, keluarga Anda dan mereka yang Anda kasihi ...


renungan oleh : Theo

gambar diambil dari sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar